Masjid Raya Sumatera Barat di Padang - Indonesia

Masjid Raya Sumatera Barat di Padang merupakan salah satu tempat wisata di padang yang menjadi rekomendasi destinasi wisata terfavorite dan sangat menarik untuk dikunjungi. Masjid ini merupakan masjid terbesar di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), terletak di Jalan Khatib Sulaiman, Kecamatan Padang Utara, Padang.

Berkunjung ke Kota Padang, Sumatera Barat, harus mencoba untuk mengunjungi Masjid Raya Sumbar ini, memiliki beberapa keunikan yang membuatnya menjadi icon di Provinsi Sumatera Barat. Diketahui bahwa ini merupakan masjid terbesar dan termegah yang berdiri di Sumatera Barat, dengan batu pertama pada tanggal 21 Desember 2007, dan pembangunan selesai pada tanggal 04 Januari 2019 dengan total biaya sekitar 325 - 330 miliar, dengan menggunakan  dana APBD Sumatera Barat dan pengerjaannya dilakukan beberapa tahap karena anggaran terbatas.

Masjid Raya Sumatera Barat di Padang

Masjid Raya Sumbar ini mempunyai lahan yang sangat luas 40.343 meter persegi, dan memiliki tiga lantai Ruang utama yang digunakan sebagai ruang shalat pada lantai atas, juga memiliki teras yang melandai ke jalan. Denah masjid berbentuk persegi yang melancip di empat penjurunya, mengingatkan bentuk bentangan kain ketika empat kabilah suku Quraisy di Mekkah berbagi kehormatan memindahkan batu Hajar Aswad. Untuk bagian atap nya bergonjong berbentuk lancip sekaligus mewakili Rumah Gadang Adat Minangkabau.

Selain bentuk masjid ini yang unik, Masjid Raya Sumatera Barat juga dirancang tahan terhadap gempa. Perkiraannya, masjid ini mampu bertahan hingga gempa berkekuatan 10 SR. Karena Sumatera Barat termasuk daerah di indonesia yang rawan terhadap gempa, dan masjid ini juga siap menjadi tempat menampung untuk warga ketika bencana Tsunami di Kota Padang.

Masjid ini dirancang oleh Rizal Muslim dan beliau merupakan pemenang sayembara desain masjid yang diikuti sekitar 323 arsitek dari berbagai negara. Masjid ini memiliki 4 sudut lancip yang menyerupai desain atap Rumah Gadang. Ada pula ukiran khas minang dan kaligrafi pada dinding bagian luar mesjid. Desain masjid ini terinspirasi dari tiiga simbol, yakni sumber mata air, bulan sabit, dan rumah gadang. Masjid ini didesain menggabungkan unsur sejarah islam dan tradisi di Padang, yakni adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah, yang artinya: "adat bersendikan kepada agama, dan agama bersendikan kitabullah (Al-Quran)".

Berkunjung ke Kota Padang, Sumatera Barat, tidak lengkap rasanya kalau tidak mampir shalat di Masjid Raya Sumatera Barat - Sumbar ini. Jadi sempatkan diri anda untuk melakukan shalat di Masjid yang menjadi Icon Sumatera Barat ini bersama Pakej Percutian Padang Bukittinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar