Museum Adityawarman di Padang

Museum Adityawarman - Tempat Wisata di Padang

Msueum Adityawarman di Padang

Kota Padang, Sumatera Barat memang salah satu pilihan untuk tempat berlibur, mempunyai tempat wisata di padang yang menarik dan terfavorite, menjadikan kota ini sebagai pilihan terbaik untuk pengunjung dan pelancong yang hendak berlibur ke Kota Padang Sumatera Barat. Objek Wisata terlengkap mulai dari hutan lebat, pergunungan, laut, sungai, sejarah, kuliner, dan tempat shopping.

Museum Adtyawarman Padang, merupakan salah satu objek wisata yang menarik dan diminati pengunjung. Museum ini merupakan museum budaya yang menyimpan dan melestarikan benda-benda bersejarah layaknya seperti cagar budaya Minangkabau dan cagar budaya nasional. Dengan bentuk bangunan yang berarsitektur Minang, dengan nama lain Rumah Bagonjong atau Baanjuang salah satu contoh mempertahankan budaya Minangkabau.

Museum Adityawarman merupakan referensi utama wajib bagi anda kunjungi sebagai wisata pendidikan, karena Kota Padang selain mempunyai daya tarik di wisata alam dan kulinernya, juga memiliki sejumlah objek wisata pendidikan dan kebudayaan yang layak dikunjungi. Museum ini merupakan museum terpenting yang mengangkat sejarah masyarakat Minangkabau dan peninggalan kebudayaan mereka sejak masa prasejarah hingga era modern. Disini kita dapat mengenal berbagai pernak-pernik kehidupan masyarakat Minang dari koleksi yang berada di Museum.

Museum Adtyawarman merupakan museum budaya provinsi Sumatera Barat yang terletak di Kota Padang, Jl. Diponegoro No.10 Padang, Sumatera Barat, Indonesia. Mempunyai lahan seluas 2,6 hektar dan bangunan sekitar 2.855 meter persegi, dan dibangun dengan inspirasi arsitektur Rumah Bagonjong atau Rumah Gadang yang merupakan gaya arsitektur tradisional Minangkabau. Untuk diketahui, Museum ini resmi didirikan pada tanggal 16 Maret 1977, dan pada tanggal 28 Mei 1979 Museum ini secara resmi diberi nama Adityawarman dengan menggunakan nama besar salah seorang raja Malayapura pada abad ke 14, Raja Adityawarman yang semasa dengan Kerajaan Majapahit pada saat itu, dan Museum ini memiliki julukan nama Taman Mini Ala Sumatera Barat.

Lokasi ini juga dikenal dengan Taman Melati, yang merupakan sebuah taman tempat bermain warga Kota Padang. Pada zaman penjajahan Belanda di lokasi ini berdiri Tugu Micheils yang pada masa penjajahan jepang menurut  ceritanya, tugu ini diruntuhkan, dan besi-besinya dibawa ke Jepang.

Museum ini mempunyai peran penting, selain tempat pelestarian warisan budaya Minangkabau, juga merupakan tempat melaksanakan kegiatan penerbitan seminar, pegelaran/lomba, Survei Pengadaan Koleksi, Supervisi Museum Lokal, Museum Masuk Sekolah, Penyuluhan Informasi Budaya, dll.

Koleksi Peninggalan Bersejarah di Museum Adityawarman kita dapat mengenal berbagai pernak -pernik yang mengambarkan kehidupan Masyarakat Minang pada saat dahulunya dengan berbagai koleksi dan sejarah tahunnya. Cukup beragam sejarah peninggalan kebudayaan Minangkabau dan Sumatera Barat. Lebih dari 6.000 koleksi, Kategori koleksi tersebut, Geologi dan Geografika, Biologika, Etnografika, Arkeologika, Historika, Numismatika dan Heraldika, Filologika, Keramologika, Seni Rupa, serta Teknologika. Dan juga terdapat koleksi beragam jenis perhiasan tradisional, pernak-pernik busana, instrumen musik, replika sajian kuliner khas dalam berbagai upacara adat, hingga berbagai perkakas yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat tradisional Minangkabau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar